Akselerasi Pelayanan Publik
Dalam Rapat Koordinasi Penguatan Implementasi MPP (Mall Pelayanan Publik ) dan Peresmian MPP Tahun 2024 di Jakarta, Kamis (12/12), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini meminta kepada penyelenggara pelayanan publik melakukan tiga hal untuk akselerasi layanan publiknya. Dikutip dari laman resmi MenpanRB, tiga hal yang diharapkan sebagai akselerasi pelayanan publik.
Pertama, mengutamakan kualitas pelayanan. Rini meminta untuk memastikan semua layanan yang diberikan kepada masyarakat dilakukan dengan cepat, mudah, ramah, profesional dan berintegritas. “Jadikan kepuasan masyarakat sebagai ukuran utama di dalam keberhasilan layanan".
Kedua, meningkatkan kolaborasi lintas sektor. Di masing-masing MPP terdapat puluhan layanan yang tersedia untuk warga dalam satu tempat. Sebagai penyelenggara pelayanan publik, kerja sama yang solid antara pemerintah pusat, daerah, instansi vertikal, BUMN, dan swasta harus dibangun untuk menciptakan ekosistem layanan yang terintegrasi. Tak hanya itu, masyarakat juga harus dilibatkan dalam proses evaluasi dan pengembangan MPP agar layanan selalu relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Ketiga, Ia menekankan untuk tidak pernah puas dengan capaian saat ini, dan mencari cara baru untuk membuat layanan semakin efisien, ramah masyarakat, dan kelompok rentan. Ke depan MPP juga bisa menjadi ruang kolaborasi pengembangan kapasitas masyarakat melalui berbagai kegiatan bersama pemerintah, swasta dan masyarakat. “Pastikan MPP menjadi dorongan yang lebih kuat dalam penggunaan teknologi untuk mempercepat proses layanan termasuk bisa menjadi ruang kolaborasi pengembangan kapasitas masyarakat.