Sosialisasi Pembangunan Dapur Sehat Gula Kelapa

Dilihat : 452 Kali, Updated: Kamis, 05 September 2024
Sosialisasi Pembangunan Dapur Sehat Gula Kelapa

Pada hari ini, Selasa tanggal 3 September 2024 Pukul 13.30 telah dilaksanakan Sosialisasi Pembangunan Dapur Sehat Gula Kelapa di Aula Kecamatan Kebasen. Acara yang dilaksanakan oleh Dinpertan KP tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas dan nilai  dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Banyumas Wawan Yuwandha, S.P, Camat Kebasen, PPL Pertanian Kecamatan Kebasen, Ketua Kelompok Tani Argo Mulyo Desa Sawangan dan Ketua Kelompok Tani Maju Makmur Desa Kalisalak, masing-masing beserta 14 (empat belas) orang perwakilan pengurus rumah tangga penerima bantuan dapur sehat.

Wawan Yuwandha, yang juga Anggota DPRD Kabupaten Banyumas, mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk menginspirasi para kelompok tani penderes kelapa untuk lebih sehat dan bersih dalam memproduksi gula kelapa, maupun gula kristal.

“Kami kawal aspirasi masyarakat, yaitu, dapur sehat bagi kelompok tani penderes, dan BPJS Ketenagakerjaan bagi pelaku penderes. Desa Sawagan dan Kalisalak ada 14 unit dapur sehat yang kami gelontorkan dari aspirasi saya, semoga dengan ini, petani lebih maju, dengan mempromosikan dapur sehat produksi gula juga bersih dan aman untuk dikonsumsi,” tegasnya.

Camat Kebasen, Wahyu Adhi Fibrianto, S.STP, M.A.P dalam sambutannya juga mengapresiasi kegiatan tersebut dengan memberikan motofasi dan dukungan kepada para pengrajin gula kelapa.Beliau juga berharap ke depan ada regenerasi petani walaupun orang tua tidak kepengin anaknya menjadi penderes. Tapi kalau tidak ada regenerasi maka kedepan petaninya semakin berkurang. Harapan ke depan untuk lebih di pikirkan lagi agar potensi gula kelapa khususnya gula Kristal.

Kabid Penyuluhan dan Bina Usaha Dinpertan KP, Didik Suryadi, SH.MH, juga mengatakan Gula Kristal sekarang menjadi idola bagi konsumen di luar negeri karena gula Kristal benar benar gula organic. Konsumen juga tahu kalau  gula Kristal lebih sehat dan higienis. Dengan adanya pembangunan dapur sehat ini di harapkan kebersihan dan ke higienisan lebih terjaga. Setelah dapurnya di bangun juga di rawat dan di manfaatkan, jangan sampai setelah di bangun kemudian di manfaatkan menjadi dapur rumah tangga. Karena tujuan di bangunya dapur sehat untk kegiatan produksi gula Kristal. (M)

Komentar